PENGERTIAN DAN TUJUAN MAGGANG

Pengertian Magang
Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan membawa dampak yang besar disegala bidang terutama pada perusahaan-perusahaan modern. Kemajuan inilah yang menjadi faktor utama para pemilik perusahaan menaikkan skillkaryawan mereka agar perusahaan bisa berkembang lebih baik.

Magang merupakan suatu sarana bagi mahasiswa untuk menambah ilmu pengetahuan dan mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dengan cara menerapkannya secara langsung ke dunia kerja di  perusahaan atau instansi yang menggunakan teknologi komputer. Bagi siswa magang kerja wajib dilaksanakan oleh mahasiswanya, agar lulusan yang dihasilkan nantinya mempunyai kualitas yang tinggi, sehingga mampu menerapkan ilmu ke dalam dunia kerja.

Harapan setelah melaksanakan magang mahasiswa dapat memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap diri sendiri maupun orang lain, mampu menguasai emosi dalam menjalani kehidupan dengan lingkungan umum dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah kelak setelah lulus mampu terjun langsung dalam dunia kerja yang nyata.

Tujuan Magang Kerja
Dengan magang kerja ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang didapat dibangku kuliah ke dunia kerja dan mendapatkan ilmu serta pengalaman baru dalam dunia kerja. Magang kerja yang dilaksanakan oleh Akademi Manajemen Informatika dan Komputer  ini memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah:
1.      Mengembangkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah dan menerapkannya dalam dunia kerja.
2.      Melatih mahasiswa menjadi manusia yang disiplin, bertanggung jawab dan berfikir maju.
3.      Mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.
4.      Meningkatkan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki.
5.      Meningkatkan pengetahuan dalam kerja baik dalam hal keilmuan maupun pengalaman kerja.
6.  Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan kalangan masyarakat di perusahaan.
7.      Sebagai gambaran dunia kerja yang nantinya akan dijalani.

Manfaat Magang Kerja
Magang kerja mempunyai manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa, perguruan tinggi, perusahaan dan masyarakat, adapun manfaat magang kerja tersebut antara lain:

Bagi Mahasiswa
a.  Menambah pengalaman kerja, dimana mahasiswa tidak mendapatkannya selama kuliah.
b.  Melatih kedisiplinan dan bagaimana bertanggung jawab dalam dunia kerja.
c.  Mengetahui sistem kerja yang ada dengan cara terjun langsung kedunia kerja.
d.  Bertambahnya ilmu pengetahuan tentang teknologi khususnya bidang komputer.

Bagi Perguruan Tinggi
a.  Terwujudnya Visi dan Misi Perguruan Tinggi untuk selalu menciptakan mahasiswa yang mempunyai kemampuan yang siap bersaing didunia kerja.
b.  Mengetahui sejauh mana kemampuan mahasiwanya dalam menerapkan ilmu yang sudah didapat dan dijadikan evaluasi dibidang Akademik untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.
c.  Memberikan image pada masyarakat luas, bahwa Akademi Manajemen Informatika dan Komputer benar-benar Perguruan Tinggi yang berkualitas.
 3. Bagi Lembaga instansi atau perusahan
a.  Adanya pertukaran informasi dan pengalaman yang dimiliki oleh pihak-pihak Perusahaan, Instansi, dan Lembaga dan mahasiswa yang melaksanakan magang kerja, sehingga terjadinya sharing pengetahuan, informasi dan ilmu pengetahuan tentang komputer. 
b.  Mempermudah dan memperlancar kegiatan perusahaan.
c.  Dengan adanya mahasiswa magang di Perusahaan, Instansi, dan Lembaga maka dapat menjadi media promosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MEMBUAT WEBSITE SENDIRI PALING MUDAH (PANDUAN LENGKAP)

Cara membuat website sendiri baik itu yang gratis maupun yang berbayar sering dicari orang-orang yang awam dengan hal-hal seperti ini. Mulai...